Program PAUD

Minggu, 20 Juni 2010
 TPA
Taman Penitipan Anak yang selanjutnya disebut TPA atau sebutan lain yang sejenis adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program kesejahteraan sosial yang mencakup perawatan, pengasuhan, dan pendidikan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun.

Kelompok Bermain
Kelompok bermain yang selanjutnya disebut KB atau sebutan lain yang sederajad adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan  bagi anak usia 2 (dua) tahun sampai usia 6 (enam) tahun.
   
SPS Satuan PAUD Sejenis selanjutnya disebut SPS atau sebutan lain yang sejenis adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dan pengasuhan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang penyelenggaraannya terintegrasi dengan berbagai layanan di luar TPA dan KB seperti antara lain:
  1. Pos Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjutnya di sebut Pos PAUD atau sebutan lain yang sederajat adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dan pengasuhan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang penyelenggaraannya dapat diintegrasikan dengan program Bina Keluarga Balita (BKB) dan/atau POS Pelayanan Terpadu (Posyandu)
  2. Taman Asuh Anak Muslim yang selanjutnya di sebut TAAM atau sebutan lain yang sederajat adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasanan agama Islam bagi anak usia 2 (dua) tahun sampai dengan usia 6 (enam) tahun.
  3. Pendidikan Anak Usia Dini Pembinaan Anak Kristen yagn selanjutnya disebut PAUD-PK adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Kristen bagi anak usia 2 (dua) tahun sampai dengan usia 6 (enam) tahun.
  4. Pendidikan Anak Usia Dini Bina Iman Anak yang selanjutnya disebut PAUD-BIA adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Katholik bagi anak usia 2 (dua) tahun sampai dengan usia 6 (enam) tahun.
Kemitraan
Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pemberian bimbingan teknis, dan evaluasi pemberdayaan peran serta    masyarakat dibidang PAUD Nonformal dan Informal

0 komentar:

Posting Komentar

Read more: http://nucleus-smart.blogspot.com